You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Bendosari
Desa Bendosari

Kec. Sanankulon, Kab. Blitar, Provinsi Jawa Timur

Desa Bendosari Wakili Kab Blitar di Ajang Lomba Lingkungan Hidup

Administrator 03 Juli 2023 Dibaca 18 Kali
Desa Bendosari Wakili Kab Blitar di Ajang Lomba Lingkungan Hidup

Sejak 2021, Desa Bendosari, Kecamatan Sanankulon, Kab Blitar, memiliki berbagai prestasi dalam ajang lomba desa tingkat Provinsi Jatim. Seperti juara 1 lomba desa dan juara 2 lomba PKK.

Pada 2023 ini, Desa Bendosari dipercaya mewakili Kabupaten Blitar dalam lomba bergengsi terkait lingkungan.

Senin (3/7), gelar acara penilaian lomba ini dilaksanakan. Tampak hadir team penilai dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jatim, Camat Sanankulon, Kepala Desa Bendosari, Babinsa dan Babinkamtibmas Desa Bendosari, serta para penggiat team peserta lomba dari masyarakat Kelompok Tani Wanita (KWT) Subur makmur dan KWT Barokah, juga penggiat bank sampah.

Dalam lomba desa “BERSERI” ini penilaian meliputi faktor pendukung KRPL (Kawasan Rumah Pekarangan Lestari), tingkat kebersihan serta kemanfaatan lingkungan. Desa Bendosari sendiri mengajukan dua wilayahnya yaitu lingkungan RT 2 dan RT 3.

Tiyok Sunaryanto selaku Kepala Desa Bendosari memaparkan profil serta kegiatan yang berada diwilayahnya, mulai dari sumber kehidupan masyarakat serta kegiatannya, beberapa bantuan dari pemerintah juga disampaikan pada pidatonya. Kegiatan BUMDes yang mengolah susu mampu juga memberikan peningkatan perekonomian warganya.

Polindes juga sudah ada untuk kebutuhan kesehatan yang bersumber dana dari desa sendiri. Ada tiga kelompok rukun kematian yang terbentuk secara swakelola dan menghasilkan dana dari masyarakat yang pemanfaatannya juga untuk memenuhi kebutuhan warganya yang kurang mampu.

Tiyok juga menyampaikan, bahwa setelah pertemuan dibalai desa, para team penilai akan ditunjukan kepada tempat yang sudah dipersiapkan, yaitu Bank sampah dan kegiatan lainya. Harapanya semoga apa yang disiapkan bisa menjadikan referensi untuk menjadi juara kembali.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image